Cari di Sini

Minggu, 27 Juli 2008

Benarkah Latihan Membuat Sempurna?

MENGAPA sangat sulit untuk menguasai keahlian bermain biola, meskipun Anda telah berlatih? Sayangnya, pepatah “praktek membuat sempurna” tidak selalu benar. Selain itu, berlatih justru seringkali hasilnya buruk, tidak semakin mahir bermain biola.

Mengapa? Banyak dari kita tidak tahu bagaimana berlatih secara produktif. Tip-tip di bawah ini akan membuat Anda mampu memanfaatkan sesi berlatih biola dengan produktif.

Waktu Latihan
Kapankah waktu “terbaik” Anda? Jika Anda merasa segar di waktu pagi, berlatih pagi hari mungkin berguna bagi Anda. Jika Anda merasa puncak energi Anda pada siang atau malam hari, berlatihlah pada saat ini.

Apakah Anda merasa mudah saat berlatih? Bagi waktu latihan Anda dalam dua sesi, meskipun Anda memiliki satu sesi latihan panjang dalam sehari. Kapan pun waktu yang Anda pilih, konsistenlah dan mencobalah berlatih pada waktu yang sama selama lima atau enam hari dalam sepekan.

Lokasi Berlatih
Kapan Anda latihan, carilah sebuah tempat atau ruang yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu. Matikan TV, jauhkan CD player, matikan HP, dan matikan semua peralatan yang bisa mengganggu Anda.

Perlengkapan Musik
Sebelum berlatih di waktu yang Anda tentukan, kumpulkan semua perlengkapan yang Anda perlukan. Mulai dari instrumen, pensin untuk menulis nada dan peletakan jari yang sulit, dan sebuah music stand sangat diperlukan. Jika Anda latihan dengan duduk, pastikan Anda menggunakan kursi yang tidak terlalu lunak karena akan mempersulit saat memainkan biola dengan posisi yang baik. Sebagian guru meminta agar Anda berdiri saat bermain biola.

Kebutuhan Fisik
Sebelum Anda mulai berlatih, minum air secukupnya, makan buah atau makanan kecil lainnya akan meningkatkan kadar gula darah Anda. Dengan demikian Anda akan merasa lebih nyaman. Jika Anda mempersiapkan fisik Anda sebelum mulai berlatih, Anda akan lebih bisa berkosentrasi. Anda juga tidak perlu menyela waktu latihan Anda untuk ke dapur atau ke kamar mandi.

Bermain biola bukan pengalaman pasif. Anda perlu kekuatan fisik dan energi yang cukup untuk berlatih dengan posisi bermain yang baik. Jika Anda berlatih saat Anda keletihan atau kecapekan, Anda bisa terbiasa dengan kebiasaan bermain yang buruk. [*]

1 komentar:

Samuel adinugraha mengatakan...

nice article sob :)
i love violin too :)
Music
Inspirasi Samuel